in Oracle, UNIX

Raw device dan filesystem

Apa itu raw device?

Raw device/raw partition adalah sebuah partisi disk yang tidak dimount dan tidak bisa ditulis melalui unix filesystem. Tetapi raw device ini dapat diakses dengan sebuah character-special dvice driver. Cara penulisan raw device tergantung kepada masing-masing aplikasi karena tidak ada filesystem yang menggantikan tugas aplikasi untuk melakukannya. Raw device biasanya dikenali pada direktori /dev. Biasanya raw device ditampilkan dalam bentuk:

crw-rw-rw- 1 root system 15, 0 Mar 12 09:45 rfd0

atau juga

brw-rw-rw- 1 root system 15, 0 Apr 16 15:42 /dev/fd0

Mengapa menggunakan raw device?

Raw device dapat menguntungkan performa karena semua penulisan I/O akan melompati UNIX buffer cache. Data akan langsung ditransfer dari Oracle buffer cache ke disk.

Kapan menggunakan raw device?

Jika ada masalah I/O pada level UNIX(I/O bottleneck),sebaiknya menggunakan raw device agar performa database menjadi lebih baik. Bagaimana membuat tablespace menggunakan raw device?

create tablespace raw_tabspace datafile '/dev/raw1' size 30712K datafile '/dev/raw2' size 30712K

File apa saja yang sebaiknya disimpan di raw partition?

Redo log file merupakan salah satu file yang memenuhi kriteria untuk disimpan di raw device. Hal ini dikarenakan redo log merupakan file yang sering ditulis, dan ditulis secara sequential. Tetapi archivelog tidak dapat ditulis ke raw partition,melainkan harus ke UNIX filesystem.

Write a Comment

Comment

  1. ini yang ci cat jadiin skripsi kemaren kan ya?
    kemaren yang ditentang tentang partisi oleh pak parto apa sih?

    btw.. klo partisi kan disk. klo clustering gimana sih konsepnya?
    clustering membagi” apa?
    sama” tingkatin kecepetan kan? 😀